0
Language
Currency

Taman Nasional Dengan Burung Endemik, Kenali Satwa yang Hampir Punah!

travelingyuk.com

Taman nasional  merupakan kawasan yang di dalamnya terdapat berbagai flora dan fauna yang hampir punah. Oleh karenanya dijaga dan dilindungi oleh pemerintah agar tetap lestari. Beberapa wilayah di Indonesia akan mengizinkan Teman Traveler untuk melihat fauna langka terutama burung. Berikut beberapa daftar taman nasional dengan burung endemik, rekomendasi dari Travelingyuk yang bisa dikunjungi. Di mana saja, ya?


Taman Nasional Tangkoko


Raja Udang di Taman Nasional Tangkoko via Instagram/marseltakasaheng

Cagar alam ini berada di Kota Bitung, Sulawesi Utara. Dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sulawesi Utara, tempat ini menjadi tempat berlindung para hewan langka, salah satunya burung. Tahun 1980 tercatat ada 140 spesies burung, seperti Rangkong dan Maleo yang merupakan satwa endemik Sulawesi. Beberapa satwa langka lainnya seperti monyet hitam, musang sulawesi, tarsius, juga bisa dijumpai di taman nasional dengan burung endemik satu ini. Berluas 8,745 hektar, Taman nasional Tangkoko juga menyajikan pemadangan mengesankan berupa bukit dan lembah.


Taman Nasional Bali Barat

 

Jalak Bali di TNBB via Instagram/arief_siswandhono

Taman Nasional Bali Barat atau TNBB merupakan tempat yang spesial karena menjadi satu-satunya rumah bagi Burung Jalak Bali yang hampir punah. Memiliki luas sekitar 19.002,89 hektar, tempat ini dikenal dengan kawasan pelestarian alam dengan sistem zonasi dan terdiri dari dua ekosistem yaitu darat dan laut. Teman Traveler akan disuguhkan dengan pemandangan menarik seperti jernihnya air laut, hutan yang lebat, hamparan pantai, dan hijaunya pegunungan. Selain pantai, Teman Traveler bisa singgah di taman nasional dengan burung endemik satu ini saat berkunjung ke Bali.


Taman Nasional Kerinci Seblat

 

Burung langka di Taman Nasional Kerinci Seblat via Instagram/agusejus

Kerinci Seblat ini merupakan taman nasional terbesar yang ada di Pulau Sumatera karena terbentang di empat provinsi yaitu Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, dan Sumatera Selatan. Jumlah satwa burung yang ada di sini berjumlah sekitar 370 spesies dan 16 diantaranya adalah endemik. Selain satwa burung, taman yang memiliki luas sekitar 13.750 km persegi ini juga merupakan rumah bagi hewan Harimau Sumatera, Badak Sumatera, dan bunga Raflesia. Taman Nasional Kerinci Seblat juga dijadikan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.


Taman Nasional Lore Lindu

 

Jalak Alis Api via Instagram/bhismagst

Berada di Sulawesi Tengah, taman ini memiliki jarak sekitar 60 km dari kota Palu dan memiliki luas seskitar 217.991.18 hektar. Wilayah ini sebagian besar terdiri oleh hutan pegunungan, sub pegunungan, dan hutan daratan rendah. Berada di selatan kabupaten Donggala, taman nasional Lore Lindu merupakan habitat mamalia terbesar di Sulawesi. Sedikitnya berjumlah 230 jenis burung, termasuk Maleo, dua diantaranya enggang Sulawesi yaitu Julang dan Kengkareng. Enggang berbuncak juga kerap disebut Rangkong atau Allo.


Taman nasional di atas merupakan tempat tinggal bagi flora dan fauna langka di Indonesia terutama burung yang hampir punah. Bagaimana, apakah Teman Traveler tertarik untuk mengunjungi salah satunya?

sumber:https://travelingyuk.com/taman-nasional-dengan-burung-endemik/129301