0
Language
Currency

Pelatihan Webinar KOPISETARA “Pemandu Gunung dan Ranselnya” (4 Juni 2020)

Pendahuluan

Perkembangan pariwisata alam di Indonesia tidak dapat terlepas dari UKM, termasuk UKM di bidang wisata alam yang semakin bertumbuh sejak 30 tahun belakangan ini. Sebut saja usaha pendakian gunung dan berkemah, semua ini tidak terlepas dari peran profesi seorang pemandu gunung. 

Untuk memenuhi tugas memandu kegiatan pendakian, seorang pemandu gunung perlu dibekali dengan ilmu dan kemampuan khusus, lantaran ada bahaya dan risiko yang mengancam dalam kegiatan ini. Kemampuan pertolongan pertama, SAR, dan kepemimpinan adalah kemampuan standar yang wajib dimiliki oleh seorang pemandu gunung. Selain itu, tanpa harus mengesampingkan unsur Hospitality, pentingnya pengetahuan tentang pelayanan prima dan manajemen yang baik, agar kegiatan bisa berjalan sesuai rencana dan para tamu bisa menikmati kegiatan wisata alam tersebut.

Koperasi Jasa Sentra Wisata Alam Nusantara atau yang disingkat KOPISETARA, mempunyai visi menjadi penggerak wisata alam berkelanjutan berkeyakinan bahwa seorang pemandu gunung dapat bertransformasi untuk membangun UKM wisata alam berkelanjutan dan turunannya. Bekerjasama dengan Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia, KOPISETARA akan terus mempromosikan Pariwisata Alam yang Aman, Selamat dan nyaman kepada UKM wisata alam di Indonesia.


Tujuan

1. Mendapatkan wawasan terkait transformasi kegiatan pendakian gunung dari masa ke masa, mulai dari hobi sampai bertransformasi menajdi profesi

2. Membuka wawasan dan peluang tentang kewirausahaan, terutama bagi para pemandu gunung

3. Berbagi pengalaman dan strategi dalam menyiapkan kebutuhan kepemanduan paska pandemi


Peserta

1. Para pelaku UMKM wisata alam di Indonesia; operator kegiatan, penginapan, destinasi wisata alam 

2. Anggota asosiasi 

3. Wirausahawan di bidang wisata alam

4. Profesional bidang Pariwisata


Narasumber (Tentative)

Adiseno Sosromulyono – Dewan Penasehat APGI & Pemandu Gunung untuk Patrick Morrow (Seven Summiter pertama untuk pendakian Carstenz Pyramid 1984)

Sugeng Indradi – Anggota Dewan Etik APGI & Founder of Rakata Adventure

Rahman Mukhlis – Sekretaris Jenderal APGI 

Mohammad Anshori – Ketua APGI Jawa Timur


Pelaksanaan

Pelatihan Webinar “Pemandu Gunung dan Ranselnya”

Tanggal : Kamis, 4 Juni 2020

Waktu : 14:00 – 16.00 WIB

Aplikasi : Zoom

Biaya : Gratis

Pendaftaran            : Klik di sini


Penutup

Kopisetara sebagai penggerak utama wisata alam di Indonesia akan terus berusaha membangun iklim usaha wisata alam berkelanjutan, salah satunya dengan membangkitkan kapasitas wirausahawan di bidang wisata alam melalui jalur pendidikan dan pelatihan. Lokakarya ini merupakan salah satu langkah awal dalam menciptakan pelaku industri wisata alam yang berdaya saing dan berkualitas.


Odoo CMS - a big picture