0
Language
Currency

Gohu Ikan, Kuliner Primadona Maluku Utara Yang Mirip Sashimi

travelingyuk.com

 Jepang dikenal dengan beragam kulinernya yang bikin nagih, termasuk yang makanan dari bahan mentah. Ternyata, tak hanya di Negeri Sakura, di Indonesia juga ada, khususnya Ternate, Maluku Utara. Kuliner di Ternate memang banyak dipengaruhi oleh Maluku dan Sulawesi Utara. Terdapat kuliner yang mirip dengan sashimi, yaitu Gohu Ikan. Jangan tertukar dengan gohu yang merupakan makanan khas Sulawesi berupa rujak pepaya muda. Simak info lebih rincinya yuk!


Bentuk Menyerupai Sashimi

 

Bentuknya yang menyerupai sashimi Via Instagram/suzanty_sitorus

Gohu ikan ini menggunakan ikan tuna atau cakalang mentah sebagai menu utamanya. Gohu disajikan secara mentah sehingga masyarakat sering menyebutnya dengan Sashimi Ternate. Sekilas kuliner ini tampak seperti daging cincang, namun ternyata bahannya dari ikan yang dipotong berbentuk seperti dadu. Untuk menemukannya, Teman Traveler bisa pergi ke Pasar Gamalalama, Ternate.


Cara Penyajian yang Berbeda

 

Penyajian yang unik Via Instagram/santhiserad_food

Ikan Tuna atau Cakalang yang telah dipotong dadu setelah itu dicuci, kemudian dibaluri dengan garam dan perasan lemon. Kemudian ditambahkan daun kemangi di adonan tersebut, lalu didiamkan beberapa saat. Selagi menunggu bumbu meresap, siapkan potongan bawang merah dan cabe rawit yang ditumis dengan menggunakan sedikit minyak kelapa. Setelah aromanya keluar, bumbu ini bisa langsung disiramkan ke daging ikan dan Gohu Ikan siap disantap. Karena bumbunya telah dimasak dan masih panas, gohu ikan tidak terasa seperti ikan mentah.


Tidak Terasa Amis

 

Rasa yang tidak amis Via Instagram/nvicl

Walaupun mentah dan tidak dimasak, gohu ikan tidak terasa amis. Hal ini dikarenakan dalam proses memasaknya, ikan telah direndam dengan air garam, perasan lemon, dan kemangi.



Gohu Ikan, Makanan Primadona (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Tak hanya itu, tingkat kementahan dari ikan berkurang karena telah didiamkan beberapa saat. Setelah diberi bumbu seperti tumisan bawang dan sedikit minyak kelapa tadi, Gohu Ikan siap untuk dikonsumsi.


Sebagai Makanan Pendamping

 

Dimakan bersama papeda Via Instagram/aget_tan

Gohu Ikan memiliki rasa yang asam, segar, sedikit manis, dan memiliki tekstur kenyal. Selain memiliki rasa yang lezat, sajian ini juga aman karena terbebas dari bahan penyedap dan pengawet. Gohu ikan biasanya disantap dengan papeda (bubur sagu), kasbi (singkong rebus), atau Huda (lempengan roti sagu). Kuliner Maluku Utara satu ini merupakan sajian yang mudah, murah, dan juga memiliki rasa yang lezat. Selain itu, terdapat sayur seperti garu (tumis bunga pepaya) dibarengi dengan irisan mentimun dan biraru (kecipir).


Ternyata nggak hanya negara Jepang saja yang menyajikan ikan mentah untuk dikonsumsi. Teman Traveler juga bisa menemukannya di Ternate, Maluku Utara, ya. Bagaimana, apakah Teman Traveler ada yang sudah mencicipi Gohu Ikan?

sumber: https://travelingyuk.com/gohu-ikan/125201