0
Language
Currency

Nggak Sekedar Liburan, Coba Sehari Jadi Seniman di Kelas Kerajinan Bali

travelingyuk.com

Liburan di Bali memang tidak pernah kebosanan. Rasanya tidak ada habisnya menjelajahi destinasi wisata menarik di pulau ini. Nah Travelingyuk punya rekomendasi kegiatan supaya liburan di sini lebih berkesan, yaitu ikutan kelas kerajinan di Bali. Bisa nih coba jadi seniman sehari. Penasaran? Yuk simak ulasan berikut.


Batik

 

Belajar Mencanting Batik via Instagram @nyoman_warta

Kelas kerajinan Bali yang bisa Teman Traveler ikuti pertama adalah pembuatan batik. Ada Nyoman Warta Batik Class, berlokasi di Jalan Jalan Gautama nomor 12, Padang Tegal Kaja, Ubud. Letaknya pun dekat dengan pusat wisata Ubud, sekitar 5 menit berjalan kaki dari Istana Ubud.

Terdapat kelas grup maupun individu dengan durasi setidaknya 3 jam, mulai dari mendesain sampai proses pewarnaan dan finishing. Pelancong akan didampingi langsung oleh sang pemilik, membuat batik sederhana dengan 3 warna dasar. Siapkan saja budget kurang lebih Rp350 ribuan per orang.


Parfum

 

Membuat Parfum Sendiri di L’Atelier Parfums&Creations via Instagram @rbwris

Ini dia salah satu kelas kerajinan Bali yang cukup anti-mainstream, membuat sendiri parfum kesukaan Teman Traveler. Salah satunya L’Atelier Parfums&Creations. Pengunjung dapat memilih paket workshop yang tersedia, dua diantaranya 90 menit dan 3 jam. Sediakan budget sekitar Rp1 jutaan per orang.

Kalau ingin yang lebih mendalami, ikut saja kelas 3 jam diawali dengan seminar mengenai peran Indonesia di dunia wewangian. Siapkan biaya kira-kira Rp1,7 jutaan per orang, bisa bawa pulang parfum botol 30 ml. Tidak perlu khawatir kebingungan, karena dalam proses pembuatannya akan didampingi oleh ahlinya.


 

Bebas Memilih Fragrancenya via Instagram @bwris

Perhiasan Silver

 

Membuat Perhiasan di Canggu Jewelry Classes via Instagram @emieljonkers

Sudah bukan rahasia lagi kalau Bali merupakan surganya pecinta perhiasan perak. Ikuti saja kelas kerajinan membuat perhiasan silver di Bali, seperti Canggu Jewelry Classes di Jalan Pantai Batu Bolong nomor 27B. Hanya sekitar 5 menit berkendara menuju Pantai Batu Bolong. Canggu Jewelry Classes menyediakan beberapa kelas, seperti 1/2 hari dan seharian.

Pelancong yang ikut kelas 1/2 hari akan diberi perak seberat 5 gram, dengan durasi pembuatan kira-kira 3 jam. Siapkan budget Rp780 ribuan per orang. Sedangkan kelas seharian yang memakan waktu setidaknya 6 jam ini, dibanderol harga Rp1,3 jutaan. Bisa membuat perhiasan sesuai desain masing-masing dengan perak seberat 10 gram.


 

Hasilnya Pun Keren via Instagram @dhonysumarno

Ukiran Kayu

 

Membuat Kerajinan dari Kayu via Instagram @emileyefrank

Aktivitas menarik lainnya selama liburan di Bali adalah mengukir dengan media kayu. Bisa dicoba di Deking Arts Class di Jalan Bedulu. Kelas mengukir kayu di sini untuk semua usia, dibanderol dengan harga sekitar Rp400 ribuan per orang.

Durasi workshop berlangsung selama kira-kira 3 jam, didampingi langsung oleh pemilik tempat ini yang juga seorang seniman tradisional. Pelancong boleh membawa pulang hasil karyanya sendiri.

Cukup banyak juga ya kelas kerajinan Bali yang seru. Teman Traveler punya kesempatan untuk jadi seniman sehari nih. Bagaimana, berminat mencoba?


sumber: https://travelingyuk.com/kelas-kerajinan-bali/160743