0
Language
Currency

Kerjasama KopiSetara - Travel Story - Arah Destinasi

JAKARTA: KopiSetara (kopisetara.com) menandatangani perjanjian kerja sama dengan Travel Sory (travelstory.id) dan Arah Destinasi (arahdestinasi.com).  

Untuk tahap awal, kerja sama dilakukan dalam hal branding dan pertukaran konten. “Kopisetara.com merupakan bagian dari upaya penyebaran informasi dan promosi potensi wisata alam yang nantinya akan dikembangkan juga menjadi wadah peembinaan anggota serta marketplace. Kami akan terus berupaya supaya anggota koperasi bisa merasakan keuntungan dari berbagai sisi. Selain itu, kami juga berupaya untuk mengangkat wisata-wisata alam di Indonesia yang luar biasa, tetapi belum banyak diketahui,” ujar Yudi Rizka, direktur utama kopisetara.com.

Direktur Pemberitaan Arah Destinasi Farida Denura, menyambut baik kerja sama dengan Kopisetara.com dan Travel Story. “Di zaman sekarang ini, kita tidak bisa bekerja sendiri. Harus saling melengkapi. Co-branding ini akan menguntungkan kedua belah pihak,” ujarnya.

Florence Untung, direktur marketing Travel Story mengatakan hal senada. Katanya, kerja sama konten dengan link aktif serta pemasangan banner di web masing-masing, akan menguntungkan kedua belah pihak.

“Kita juga bisa saling sharing narasumber. Ke depan, kami berniat memperluas kerja sama di luar konten yang bisa menguntungkan kedua belah pihak,” jelas Florence. Dia menambahkan, selama ini Travel Story juga sudah melakukan co-branding dengan Arah Destinasi.

Penandatanganan MoU KopiSetara - Travel Story - Arah Destinasi

KopiSetara

Ronie Ibrahim, wakil ketua Koperasi Sentra Wisata Alam Nusantara (Kopi Setara) yang memayungi kopisetara.com, menjelaskan bahwa koperasi tersebut didirikan oleh para pelaku usaha wisata alam dari berbagai jenis kegiatan, baik darat, air dan udara. Pendirian koperasi ini menjawab tantangan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Di Indonesia, terang Ronie yang usahanya juga terkait aktivitas outdoor, wisata alam sangat berhubungan dengan petualangan seperti naik gunung, arung jeram, susur gua, panjat tebing, paralayang dan lain sebagainya.

Pada awalnya kegiatan ini hanya diminati oleh kelompok pecinta alam tidak lebih dari sebatas hobi saja. Namun beberapa tahun belakangan, kegiatan ini tidak saja dilakukan oleh para pehobi namun masyarakat umum juga ingin merasakan sensasi pengalaman dan petualangannya.

Masyarakat sangat antusias ingin merasakan hal tersebut tanpa perlu harus melalui jenjang pelatihan khusus seperti yang dilakukan oleh para kelompok pencinta alam. Keinginan tersebut lama kelamaan semakin meningkat dan kemudian menjadi gaya hidup  dan identitas seseorang.

Itu sebabnya, tutur Ronie, di masa pandemi Covid-19, Kopi Setara membuat berbagai macam pelatihan untuk anggota. “Situasi sekarang bisa diubah menjadi kesempatan bagi pelaku usaha wisata alam untuk meningkatkan kapasitas diri. Beberapa pelatihan sudah kami buat dengan dukungan Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian Pariwisata dan ekonomi kreatif,” tutur Ronie.

 

Arah Destinasi & Travel Story

Arahdestinasi.com merupakan situs berita pariwisata yang berada di bawan PT Arah Kita Group. Berdiri dan resmi diumumkan secara terbuka pada tanggal 17 Februari 2018.

“Arah Kita Group memiliki beberapa devisi. Selain Arah Destinasi, ada Arah Properti dan Scolae yang bergerak di pemberitaan seputar pendidikan,” terang Farida yang sudah berpuluh tahun bergelut di bidang jurnalistik.

Florence menjelaskan, travelstory.id merupakan situs pemberitaan yang lebih berfokus pada feature perjalanan, baik dalam satu rangkaian lengkap, termasuk itenerary, mau pun menulis objek-objek wisata secara mandiri.

Travel Story didirikan Oktober 2019 dan meluncurkan produk cetak (majalah) pada Desember 2019. Namun, kegiatan cetak terhenti akibat Covid-19. “Kami sekarang berfokus pada web dan akan segera meluncurkan kembali dalam bentuk e-magazine,” pungkas Florence. **