0
Language
Currency

Keindahan Gunung Papandayan

Siapa yang menampik keindahan Gunung Papandan? Bak gadis cantik dengan paras menawan, gunung dengan ketinggian 2.665 mdpl ini makin banyak dikunjungi wisatawan mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa sampai manula.

Papandayan yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat menyimpan sejuta pesona. Jalur pendakian yang tidak banyak memiliki tanjakan ekstrim ini menjadikan gunung yang memiliki spot Hutan Mati yang eksotik menjadi tujuan favorit baik bagi para pendaki ataupun wisatawan. 

Setidaknya ada 6 pemandangan menawan di Gunung Papandayan yang bisa dinikmati keindahannya yang instagramable :






1. Camp David

Lokasi ini dijadikan base camp para pendaki dan wisatawan yang akan mendaki Gunung Papandayan. Areanya luas dan ada pemandian air panas yang ramai dikunjungi wisatawan. Jadi jika tidak ingin mendaki, cukup menikmati pemandangan dan suasana nyaman di Camp David

2. Danau Papandayan

Spot ini adalah yang pertamakali dijumpai para pendaki menuju Puncak Papandayan. Danau berwarna hijau nan cantik ini tidak terlalu luas, tapi cukup membuat mata terpesona karena keindahannya dengan duduk-duduk di pinggirnya sambil memandang kepulan asap yang keluar dari kawah. 

3. Hutan Mati

Lokasi ini boleh dibilang yang paling hits di Papandayan. Ya, Hutan Mati yang tadinya tampak angker karena terbakar pada tahun 2002 ini kini justru terlihat eksotis dan menjadi spot wajib untuk diabadikan. Pohon-pohon yang kering akibat lalapan api justru terlihat keren dan menawan.

4. Tebing Soni

Sebetulnya lokasi ini seperti tebing di gunung-gunung pada umumnya. Yang menarik di lokasi ini, kita bisa menikmati cantiknya Gunung Cikurai dari kejauhan. Sayangnya, banyak vandalisme dilakukan orang yang tak bertanggungjawab di Tebing Soni sehingga merusak pemandangan.

5. Tegal Alun

Lokasi ini merupakan salah satu spot favorit para pendaki dan wisatawan. Ibaratnya nggak sah jika ke Gunung Papandayan jika tidak ke Tegal Alun

Di sini kita akan menemui padang yang penuh dengan bunga abadi yakni Edelweiss. Bunga cantik yang dilarang dipetik ini memanjakan mata setiap orang yang memandang.

6. Pondok Saladah

Ini adalah areal untuk kemping di kawasan Gunung Papandayan. Meski disini terdapat Bunga Edelweiss namun tidak sebanyak di Tegal Alun. Pondok Saladah dikelilingi bukit dengan pohon-pohon hijau nan lebat daunnya.

Papandayan merupakan gunung yang ramah untuk dikunjungi keluarga karena medannnya tidak terlalu berat. Jadi tunggu apalagi, segera masukkan gunung dengan pemandangan cantik dan eksotik ini ke dalam destinasi liburan kamu.