Pulau Kapo-Kapo, Nirwana Rahasia di Sumatra Barat

Sumatra Barat seolah tak pernah kehabisan lokasi eksotis untuk dikunjungi. Mulai dari Gunung Kerinci, Ngarai Sianok, hingga Danau Toba, semuanya begitu mempesona dan memanjakan mata. Namun bagi yang ingin mencari destinasi berlabel ‘hidden paradise’, Pulau Kapo-kapo wajib jadi tujuan.

Bermula dari desa nelayan biasa, Pulau Kapo-kapo belakangan menjadi destinasi wisata unggulan di kawasan Mandeh. Banyak turis datang ke sini untuk mencari ketenangan, sekaligus menikmati keindahan pemandangan alam sekitar yang masih begitu asri. Opsi kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sini pun terbilang cukup lengkap.

Masuki Surga Tersembunyi

Perjalanan menuju Kapo-kapo lewati hutan Mangrove via Instagram  shesyee

Sebelum kawasan Mandeh mulai disorot, Pulau Kapo-kapo termasuk wilayah terisolir. Tak mengherankan jika belum ada dermaga mumpuni untuk menyambut para pengunjung. Wisatawan yang tertarik pelesir ke sini biasanya bakal dibawa naik perahu sekoci, melewati rimbunnya hutan bakau.

Pintu masuk Pulau Kapo-kapo via Instagram  essttaaa

Namun justru kesederhaan itu yang memberikan sensasi berbeda. Turis bakal serasa memasuki dunia baru, nirwana rahasia yang tak diketahui banyak orang. Apalagi di wilayah ini sama sekali tak dijangkau sinyal data, memaksa semua orang untuk benar-benar berbaur dengan alam.

Ditemani pulau-pulau cantik

Pemandangan indah di sekitar Pulau Kapo-kapo via Instagram  deni_triyanto

Pulau Kapo-Kapo letaknya berdekatan dengan sejumlah pulau lain yang menawarkan beragam pesona menarik. Sebut saja Pulau Setan, yang sempat menjadi konservasi laut namun kini dimanfaatkan sebagai lokasi olahraga air.

Bagi yang ingin merasakan sensasi cliff jumping alias lompat dari tebing tinggi, bisa meluncur ke Pulau Sironjong Kecil. Cocok sekali bagi mereka yang ingin menjalani wisata memacu adrenalin. Selain itu ada juga Pulau Cubadak, yang kabarnya sudah disewa oleh seorang warga negara Italia. Lokasi ini juga ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Pengunjung Pulau Kapo-kapo asyik bermain di atas air via Instagram  bembenk_jr

Selain itu para pengunjung juga bisa menikmati ragam kuliner di Pulau Kapo-kapo. Salah satu yang paling menarik adalah rendang lokan, terbuat dari kerang lokal dengan tekstur empuk.

Cottage Eksotis untuk turis

Cottage di Kapo Kapo via Instagram  joe_hara.r

Para turis yang ingin menikmati atmosfer Pulau Kapo-kapo secara lengkap, bisa menginap di sejumlah cottage gaya tradisional di sini. Salah satu lokasi yang cukup jadi favorit wisatawan adalah Resort Kapo-kapo Beach Cottage. Tarifnya berkisar antara 300 hingga 350 ribu rupiah per malam.

Kapo-kapo Beach Cottage baru punya dua cottage dan satu aula. Namun demikian, akomodasi ini selalu ramai pengunjung karena menawarkan nuansa kekeluargaan tinggi. Selain itu tamu bakal dimanjakan dengan sajian kuliner tradisional yang diolah warga sekitar, mulai dari ikan bakar hingga sambal lado.

Pesona menarik di Pulau Kapo-kapo

Indahnya Pantai di Kapo Kapo via Instagram  hariakbarr

Pulau Kapo-kapo menawarkan pesona pantai berbeda. Jika pada umumnya kawasan pantai berhawa panas, maka di sini suasana terasa lebih sejuk karena masih banyak pepohonan asri di sekitarnya.

Tamu yang menginap di homestay bakal merasa seperti sedang berada di surga tersembunyi. Apalagi jika mereka sudah duduk santai di cottage dan menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam tersaji di depan mata

Seorang wisatawan asyik snorkeling di Kapo-kapo via Instagram  r6548911

Selain itu, perairan di sekitar pulau juga sangat jernih dan menyegarkan. Wisatawan bisa memilih menghabiskan waktu dengan berenang, bermain air, atau melakukan snorkling di beberapa titik cantik yang tersebar di seluruh Kapo-kapo.

Itulah sekilas mengenai pesona eksotis di Pulau Kapo-kapo, nirwana tersembunyi di Sumatra Barat. Jika ingin merasakan suasana tenang dan sekaligus merasakan berlibur di zona bebas Internet, destinasi sangat direkomendasikan.

sumber: https://travelingyuk.com/wisata-pulau-kapo-kapo-sumatra-barat/95329