Pesona Wisata Memukau di Puncak Tertinggi Sumatra Selatan

Beragam tempat wisata menarik bisa dinikmati di Sumatra Selatan. Mulai dari air terjun, gunung, hingga kawasan hutan indah ada di kawasan yang punya ibu kota Palembang ini. Namun jika ingin bertualang sembari menikmati udara segar, cobalah merasakan pesona wisata Pagar Alam.

Pagar Alam berjarak sekitar 298 kilometer dari Palembang. Lokasinya yang berada di dataran tinggi membuat kota ini sering diklaim banyak sumber sebagai puncak tertinggi Sumatra Selatan, dengan beragam tempat wisata menarik di dalamnya. Lantas apa saja tepatnya keindahan yang ditawarkan wilayah ini? Berikut Travelingyuk berikan daftar sejumlah destinasi menawan di Pagar Alam.

1. Air Terjun Lematang Indah

Air Terjun Lematang Indah di Pagar Alam via Instagram  wonderfulsriwijaya

Air terjun Lematang Indah berada di Pagar Alam, Sumatra Selatan. Sebelumnya untuk menuju sungai ini para pengunjung bisa melewati jembatan kayu khusus. Namun menurut laporan sebuah sumber, jembatan tersebut sudah rusak dan sebagai gantinya, wisatawan akan diajak menyusuri sungai dengan ban karet sebelum sampai ke Lematang Indah.

Ongkos menyebrang dengan ban karet tersebut cukup murah, hanya sekitar 5 ribu rupiah. Begitu sampai di air terjun, panorama alam yang begitu indah bakal sangat memanjakan mata. Sayangnya, tidak ada kolam di air terjun ini karena alirannya langsung menuju ke sungai.

2. Green Paradise

Green Paradise di Pagar Alam via Instagram  azamdwi

Green Paradise merupakan kawasan wisata dengan pemandangan alam sebagai pesona utamanya. Cukup dengan membayar tiket masuk 5 ribu rupiah, pengunjung sudah bisa menikmati suasana penghijauan asri dan berkesempatan merasakan asyiknya memberi makan ikan-ikan yang berkeliaran di sini.

Green Paradise memiliki hamparan lahan penghijauan yang sangat memanjakan mata. Di sini juga terdapat satu lokasi khusus yang ditumbuhi selada air, menandakan tingginya kualitas air. Selain itu ada juga air terjun yang oleh banyak pengunjung dijuluki sebagai niagara mini.

3. Gunung Dempo

Pemandangan Gunung Dempo dari kebun teh Pagar Alam via Instagram  deskalv

Pagaralam boleh bangga memiliki Gunung Dempo, gunung tertinggi di Sumatera Selatan. Berdiri 3159 meter di atas permukaan laut, mereka yang bisa mencapai puncaknya bakal disuguhkan pemandangan dengan keindahan tiada tanding.

Bagi yang tak tertarik mendaki Gunung Dempo, tak perlu khawatir. Di sekitar sini ada banyak villa indah yang bisa disewa dan digunakan sebagai lokasi menghabiskan waktu bersama keluarga selama akhir pekan. Pemandangan di kaki Gunung Dempo tak kalah indah dengan view di puncaknya kok.

4. Tugu Rimau

Tugu Rimau berbentuk harimau via Instagram  tenti_v10

Masih di sekitar Pagaralam dan kaki Gunung Dempo, terdapat Tugu Rimau. Tugu tersebut berbentuk hewan mirip harimau dan berpose sedang memegang obor. Pemerintah setempat mendirikannya pada 2004 silam untuk menyemarakkan penyelenggaraan PON VI.

Pemandangan dari kawasan Tugu Rimau via Instagram  methamorf

Kini, kawasan di sekitar Tugu Rimau masih sering dikunjungi banyak orang. Selain dijadikan sebagai lokasi paralayang, daerah ini juga menjadi salah satu titik terbaik untuk menikmati pemandangan kota Pagaralam dari ketinggian. Namun jangan lupa siapkan jaket atau baju hangat karena udara di sini lumayan dingin.

5. Danau Thebat Gheban

Keindahan pemandangan Danau Thebat Gheban via Instagram  ebbie.vebriadrian

Selain Danau Toba, pulau Sumatra masih punya banyak danau indah lain yang tak kalah menarik dikunjungi. Salah satunya adalah Danau Thebat Gheban, yang letaknya hanya sekitar 7 kilometer dari Kota Pagaralam. Karena keindahannya, banyak yang sering berkemah di sekitar sini.

Suasana sekitar Danau Thebat Gheban, bakal cukup ramai menjelang sore. Sebab banyak penduduk sekitar sering memancing di sini. Selain itu, di kolam alami yang luasnya mencapai 4 hektar ini juga terdapat wahana keliling danau via rakit dan juga tambak udang.

Itulah tadi sejumlah objek wisata menarik yang ada di kawasan Pagaralam, daerah dengan titik tertinggi di Sumatra Selatan. Jika kebetulan berkunjung ke sana, tak ada salahnya merasakan sejuknya udara pegunungan di kawasan Tugu Rimau atau memanjakan mata dan pikiran di Green Paradise.

Sumber : https://travelingyuk.com/wisata-pagar-alam/95250