Magis Borobudur dan Sekitarnya

Siang itu panas menyengat, khas kawasan Candi Borobudur. Ini kali keempat sepanjang hidup saya datang dan menyusuri candi yang menjadi salah satu keajaiban di dunia dan masuk dalam Situs Warisan Budaya UNESCO.

Foto: Lintang Rowe

Kali ini, saya bertekad tidak hanya menelusuri kawasan candi, tetapi juga pesona lain yang tersebar di 20 desa penyangga. Juga berbagai aktivitas pendukung yang memungkinkan wisatawan berkegiatan dan berinteraksi bersama masyarakat lokal.

Jadi, saya memutuskan menginap satu hingga dua malam di homestay atau pun penginapan yang dikelola Balai Ekonomi Desa (Balkondes) yang tersebar di desa-desa yang ada di Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Bagaimana cara mencapai desa-desa tersebut? Tidak perlu pusing. Saat berada di Borobudur, tanyalah pada pemandu, penarik delman, atau masyarakat yang ada di sekitar candi. Mereka dengan senang hati akan membantu.

MENGINAP DI MANA?
Desa-desa di Kecamatan Borobudur memiliki banyak tempat menginap unik, mulai dari homestay, hotel, sampai resort. Masing-masing bukan hanya menawarkan pengalaman menginap, tetapi juga membantu dan menyediakan berbagai aktivitas menarik mulai dari jalan-jalan dengan andong (kereta kuda), mobil VW beratap terbuka, sampai petualangan dengan jeep.

  1. Balkondes
    Ada 20 Balkondes yang antara lain membawahi usaha homestay. Dua di antaranya sudah masuk dalam kategori sangat siap, yakni Balkondes Karangrejo dan Wanurejo. Balkondes-balkondes itu mendapat bimbingan pelatihan dan pengawasan dari BUMN-BUMN.
  • Karangrejo
    Ini salah satu Balkondes yang sudah tertata rapi, bersih, dan cantik, layaknya hotel. dengan harga mulai Rp500 ribu. Terletak sekitar 3 km dari Candi Borobudur. Suasana pedesaan sangat terasa, terutama di malam hari saat rumah-rumah bertabur lampu dengan suasana tenang dan udara semilir. Restoran di Balkondes menyediakan menu bervariasi. Jika ingin berpetualang dengan sepeda, delman, jeep, mau pun VW, pengelola Balkondes akan membantu memfasilitasi.
                Kontak
Balkondes Karangrejo
087719139133
  • Wanurejo
    Desa Wanurejo juga punya homestay yang sudah tertata. Desa ini menjadi tempat yang tepat untuk menikmati matahari terbenam. Selain homestay cantik yang dikenai Rp450.000/malam, Balkondes Wanurejo dilengkapi dengan kafe, pendopo serbaguna, dan lapangan luas untuk aktivitas outbond. Jika datang berombongan dan ingin beraktivitas, pengelola Balkondes akan memfasilitasi, mulai dari bersepeda, naik andong/delman, petualangan dengan jeep, VW, belajar tari, gamelan, atau mencoba beragam permainan tradisional.
Kontak
Balkondes Wanurejo
082227364990
  1. Homestay
    Di luar Balkondes, Kecamatan Borobudur juga kaya homestay-homestay yang dikelola langsung perorangan/keluarga. Wisatawan bisa tinggal bersama penduduk dengan beragam fasilitas dengan harga mulai Rp150 ribu hingga Rp600 ribu.
  2. Hotel & Resort
    Hotel dan Resort juga bertebaran di kawasan seputar Borobudur. Di antaranya Hotel Plataran Borobudur dan Plataran Resort & Spa. Keduanya menawarkan kenyamanan, kelengkapan fasilitas, dan latar pemandangan cantik Candi Borobudur dan deretan pegunungan.

RAGAM AKTIVITAS
Apa saja yang bisa dilakukan di desa-desa seputar kawasan Borobudur? Banyak aktivitas menarik, mulai dari mengikuti kegiatan masyarakat sekitar, menikmati seni, belajar seni kriya, sampai paket wisata yang memanfaatkan sepeda, delman, mobil VW dan jeep.

Menikmati Seni & Kriya
Bisa dikatakan, Borobudur surganya seni. Di kawasan itu bertebaran galeri-galeri seni lukis hingga instalasi yang asyik ditelusuri. Banyak juga omah-omah (rumah-rumah) yang menawarkan nuansa tradisional lengkap dengan paket kuliner dan aktivitas kerajinan, di antaranya Omah Mbudur yang terletak di Dusun Jowahan Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Magelang.

Di Omah Mbudur, beragam kegiatan bisa diset menarik saat wisatawan datang berombongan, mulai dari menonton seni pertunjukan, menikmati kuliner khas, belajar menari dan musik, kaligrafi, sampai wisata kriya, belajar membatik, membuat miniatur candi dan aneka miniatur lain untuk gantungan kunci.

Petualangan di Omah Mbudur bisa dikemas tanpa menginap atau pun dengan menginap. Pilihan menginapnya beragam, homestay atau camping. Harga homestay yang tersebar di rumah penduduk mulai Rp150.000 hingga Rp600.000. Untuk tenda Rp50 ribu permalam dengan kapasitas tiga orang.

Jika menginap di Omah Mbudur, cobalah set menu masakah tradisional yang juga jadi ciri khas, di antaranya bakmi magelangan, iwak (ikan) kali dan sayur lodeh yang sedap.

Kontak
Omah Mbudur
Fitri/Lidiah: (0293) 3301993 atau 08122645745

Belajar Tari & Musik
Banyak sanggar tari dan musik yang tersebar di Kecamatan Borobudur, di antaranya Avadana Dance Studio di Desa Wanurejo dan Omah Saking Ndene di Desa Giri Tengah, Kecamatan Borobudur. Keduanya punya keistimewaan masing-masing, dan keduanya menawarkan paket-paket belajar dan pertunjukan. Di Omah Saking Ndene, ada paket belajar gamelan dan tari selama beberapa menit, ditambah makan siang menu tradisional.

Kontak
Avadana Dance Studio
WA: 088225321428/08812769706
Kontak
Omah Saking Ndene
Pak Tijab: 087888011790

Batik & Tembikar
Belajar batik dan tembikar hampir ada di semua desa yang ada di Kecamatan Borobudur. Bisa dilakukan perorang, bisa juga rombongan besar. Jika ingin belajar untuk sekadar tahu, cukup dilakukan sekali dengan biaya sekitar Rp25.000. Beberapa desa juga punya sentra kerajinan tembikar. Wisatawan bisa melihat atau bahkan belajar membuat tembikar sederhana. Hasil karyanya bisa dikirimkan ke alamat masing-masing.

Desa Bahasa
Desa Bahasa Borobudur lokasinya hanya sekitar 10 menit dari Candi Borobudur. Tempat ini menawarkan belajar Bahasa Inggris dengan cara menyenangkan. Sembari belajar, anak-anak bisa melakukan wisata edukasi selama libur sekolah, sekaligus tinggal bersama ‘orangtua asuh’ di rumah-rumah penduduk.

Hani Sutrisno, pemilik dan pengelola Desa Bahasa Borobudur menerapkan metode belajar unik dan efektif tanpa meninggalkan kurikulum di sekolah. Bahasa Inggris diajarkan dengan logika dan dengan cara yang santai dalam setiap perjalanan wisata dan kegiatan sehari-hari. Hasilnya, 10 hari di Desa Borobudur dijamin menyamai belajar Bahasa Inggris selama 3 tahun di sekolah.

Kontak
Desa Bahasa Magelang
Dusun Parakan, Desa Ngargogondo, Magelang
Telp: 081215732245

Petualangan Jeep
Berpetualang dengan jeep bisa jadi pilihan yang memunculkan kenangan mendalam. Menikmati udara pedesaan di atas jeep terbuka, berpetualang di jalan-jalan desa, tanjakan pegunungan, menyeberang sungai, dan mampir ke berbagai objek wisata mengesankan. Tersedia beberapa paket wisata yang bisa dipilih sesuai dengan minat dan kebutuhan.

Paket Rute Durasi/kapasitas Harga/jeep
Paket Long Jelajah Manoreh sampai Suroloyo 4-5 jam / 3 penumpang dewasa Rp550.000
Paket Medium Naik Pegunungan Manoreh, Waduk Mini, Kopi Bigaran, Irigasi progo 3-4 jam / 3 penumpang dewasa Rp450.000
Paket Short Seputaran Borobudur antar-Balai Ekonomi Desa (Balkondes) 2-3 jam / 4 penumpang dewasa Rp350.000
Paket Merapi Gunung Merapi 5-6 jam / 3 penumpang dewasa Rp650.000
Kontak
Borobudur Jeep Adventure
WA: 081328024004 / 089514233455

Delman Istimewa
Rasakan pengalaman menelusuri jalanan desa di Kecamatan Borobudur. Berhentilah di mana pun suka untuk mengambil gambar atau sekadar minum kopi, membuat keramik, membatik, melihat peternakan madu tradisional, dan masih banyak lagi. Silakan juga belanja langsung batik dan kerajinan di workshop-workshop yang dikelola penduduk.

Bersepeda
Pagi dan sore hari merupakan waktu yang tepat untuk beraktivitas sepeda. Jangan segan bercakap-cakap dengan masyarakat dan berhenti di tempat-tempat yang menarik perhatian. Masyarakat di sekitar Borobudur hampir seluruhnya sudah sadar wisata.

Berkeliling dengan VW
Ah, ini akan menjadi pengalaman menyenangkan, baik dilakukan bersama teman mau pun keluarga. Menikmati udara segar Magelang di atas mobil VW dengan kap terbuka atau ditutup sesuai kebutuhan.

Foto: VW Tour Borobudur

Mobil-mobil VW menawarkan beragam paket. Ada pilihan wisata edukasi belajar batik, gerabah, home industri madu, membuat tahu, hingga belajar menari dan gamelan. Ada juga Paket Jelajah Desa dan Paket Sunrise yang dimulai pukul 04.00 dengan beberapa tujuan, antara lain Punthuk Setumbu, Gereja Ayam dan Pereng Nduwet.

Paket VW Explore Borobudur
Kontak:
Jl Medang Komalan No 09 Borobudur, Magelang
Telp: (0293) 3287147, WA: 088216391823

Jenis Paket Durasi Harga Keterangan
1 Short Trip 2,5 jam Rp350.000 Keliling desa dengan pilihan dua objek kunjungan
2 Medium Trip 3,5 jam Rp450.000 Keliling desa dengan 3 objek kunjungan
3 Long Trip 6 jam Rp600.000 Keliling desa dengan 4 objek kunjungan
4 One Day Trip 10 jam Rp850.000 Keliling desa dengan 6 objek kunjungan
5 Wedding/Prewedding 6 jam Rp600.000
6 Punthuk Setumbu 3,5 jam Rp450.000 Tour jelajah desa tambahan waktu 30 menit
7 Gereja Ayam 3,5 jam Rp450.000 Tour jelajah desa tambahan waktu 30 menit
8 Pereng Nduwet 3,5 jam Rp450.000 Tour jelajah desa tambahan waktu 30 menit

Pagi Indah di Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu layak dikunjungi, meski harus berjibaku bangun pagi sebelum pukul 04.00. Objek wisata ini menjadi sangat terkenal sejak digunakan sebagai salah satu lokasi syuting film Ada Apa dengan Cinta (AADC 2).

Matahari terbit di Punthuk Setumbu terlihat sangat menakjubkan. Tunggu saja, ada beberapa tahap keindahan, mulai dari langit yang memerah, cahaya yang berlahan menyibak panorama berkabut, hingga sembulan matahari terbit yang menciptakan foto siluet.

Punthuk Setumbu merupakan bukit dengan ketinggian kurang lebih 400 meter di atas permukaan laut, terletak di Jalan Borobudur, Ngadiharjo KM 4,5 Kurahan, Karangrejo, Magelang. Kendaraan roda empat bisa mengantar sampai tempat parkir, dan wisatawan harus melanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 15 menit setelah membayar tiket masuk Rp15 ribu.

Di puncak Punthuk Setumbu, pemuda-pemuda setempat siap membantu memotret dengan angel-angel foto yang bisa bikin takjub. Sebagai ganti bisa memberikan tips yang jumlahnya tidak ditentukan alias sukarela.

Rumah Doa Bukit Rhema

Tak jauh dari Punthuk Setumbu ada Rumah Doa Bukit Rhema atau yang lebih dikenal dengan nama Gereja Ayam, meski sebenarnya bentuk bangunan itu dimaksudkan sebagai gambaran Burung Merpati.

Gereja Ayam terletak di Dusun Gombong, Kembanglimus, Borobudur, Kurahan, Karangrejo, Borobudur. Tempat ini banyak didatangi wisatawan setelah menjadi salah satu lokasi syuting AADC 2, tepatnya di mahkota bangunan, tempat wisatawan bisa melihat pemandangan lepas dari ketinggian.

Menelusuri Gereja Ayam cukup mengasyikan, memasuki lorong-lorong yang memiliki kamar-kamar doa untuk semua agama, hingga tiba di bagian atas berupa kafe, tempat menyeruput kopi, teh, atau menikmati kudapan di ketinggian. Selain itu, ada tangga menuju bangunan berbentuk mahkota terbuka yang kerap dijadikan objek foto. ***

Sumber https://travelstory.id/magis-borobudur-sekitarnya/