Kotabaru, Pesona Estetik di Pusat Kalimantan Selatan

Salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi para pelancong hits adalah Kotabaru, Kalimantan Selatan. Kawasan ini terkenal karena kekayaan alam dan budayanya yang estetik dan menawan. Yuk, ikuti perjalanan saya menelusuri kota idaman ini!

Sambangi Indahnya Pantai Gedambaan

2018_06_21_02_pa3.jpg
Pantai Gedambaan (c) Agung Rahmat Fauzi/Travelingyuk

Pantai yang satu ini terletak cukup jauh dari pusat Kotabaru. Untungnya jalanan menuju destinasi ini sudah terawat dengan baik. Ketika memasuki kawasan pantai, kendaraan akan dipatok tarif parkir yang merangkap tiket masuk. Saya sendiri karena naik mobil ditarik Rp20.000.

Kawasan ini dikelola oleh pemerintah dan masyarakat sekitar. Terdapat gazebo dan warung ikan bakar yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat sambil menikmati suara deburan ombak dan angin sepoi-sepoi. Kalian juga bisa menaiki banana boat sambil mengelilingi area laut di sana.

Kenali Geliat Masyarakat di Siring Laut Kotabaru

20190825_081819_rkQ.jpeg
Acara di Siring laut

Siring Laut merupakan taman kota yang juga menjadi pusat aktivitas warga Kotabaru. Di sini sering sekali diadakan acara-acara penting, contohnya senam bersama di Minggu pagi. Siapa saja boleh ikut, loh!

Apabila malam tiba, lampu-lampu taman akan menghiasi dengan pancaran sinar warna-warni yang cantik. Selain itu di sekitar kawasan akan mulai rame para penjaja kuliner yang menawarkan makanan khas Kotabaru terbaik.

Salah satu daya tarik utama taman ini adalah patung 2 ikan todak yang dibangun sebagai simbol kesuburuan dan kesejahteraan. Tak jauh dari taman ada sebuah pelabuhan di mana para wisatawan dapat mencoba sensasi naik speedboat.

Daki Puncak Mamake, Nikmati Keindahan Kotabaru dari Atas

20190826_172633_y1W.jpeg
Foto dengan tiang bendera sebelum masuk pos/Agung rf

Dibandingkan gunung-gunung yang tersebar di Pulau Jawa ataupun Sumatera, Gunung Mamake tidak bisa dikatakan besar karena tingginya hanya 222 mdpl. Meskipun demikian, tempat ini cocok dibuat mendaki para hikers pemula yang ingin merasakan sensasi menjelajahi perbukitan.

Jalanan yang dilalui sendiri sudah termasuk bagus dan rata. Dianjurkan jika kalian mau memakai kendaraan, gunakan motor trail atau sejenisnya karena medannya yang cukup berkelok-kelok dan tajam.

Semua perasaan capek dan lelah akan terbayar ketika kalian sudah sampai puncak Mamake. Pemandangan matahari berselimutkan awan serasa membawa kita ke negeri di atas surga. Tidak hanya itu, dari sini Teman Traveler juga bisa melihat Kotabaru dari kejauhan. Keren sekali!

20190826_175656_NA6.jpeg

Itu tadi sedikit pengalaman saya ketika menjelajahi Kotabaru. Sangat menarik dan ingin saya ulangi lagi petualangan ini!

Sumber https://travelingyuk.com/kotabaru-estetik-kalsel/250554