Gardu Pandang Kaldera & Sunrise Bromo

Matahari terbit di Bromo selalu indah. Tidak mengherankan jika menjadi salah satu yang diburu wisatawan. Mereka rela bangun jam 03.00 dini hari untuk mendapatkan spot terbaik. Ada banyak gardu pandang yang menawarkan keindahan berbagai sisi Bromo. Beberapa di antaranya sangat populer. Berikut 3 gardu pandang yang kerap jadi incaran wisatawan.

PUNCAK B29 & B30

Dua puncak ini terletak di Kabupaten Lumajang, sekitar 4,5 jam dari Kota Malang. Dibandingkan dengan tiga akses utama lain, jalur ini memang lebih panjang. Namun, pemandangan yang terpampang luar biasa indah. Bukit dan lembah hijau yang dipenuhi dengan berbagai tanaman seperti wortel, bawang daun, tomat, cabe, dan sebagainya. Jika memilih jalur ini, bisa menginap di Malang atau berbaur dengan masyarakat desa, menginap di homestay yang murah dan bersih. Merasakan udara segar, menyelami kehidupan Suku Tengger yang unik, dan merasakan makanan desa yang sedap. Puncak B29 dan Puncak B30 lokasinya berdekatan, tapi terletak di dua kabupaten berbeda. Puncak B29 masuk Kabupaten Lumajang, sedangkan Puncak B30 masuk Kabupaten Probolinggo. Keduanya menawarkan pemandangan pagi yang menyenangkan. Di kawasan itu, wisatawan juga bisa berkemah.

PANANJAKAN 1

Barangkali inilah gardu pandang yang pertama dikenal wisatawan. Pananjakan 1 masuk dalam wilayah Kabupaten Pasuruan. Terletak di ketinggian 2.770 mdpl, dan lokasinya berhadapan langsung dengan puncak Gunung Bromo dan Batok dengan latar belakang Gunung Semeru.

PANANJAKAN 2 / SERUNI POINT

Seruni Point dikenal juga dengan nama Pananjakan 2, terletak di Kabupaten Probolinggo. Pemandangan yang ditawarkan tidak kalah indah dengan Pananjakan 1. Semua lelah dipastikan akan terbayar. Pemandangan di bagian awal pendakian pun tak kalah indah. ***


Sumber https://travelstory.id/gardu-pandang-kaldera-sunrise-bromo/