Deretan Bukit Indah di Kalimantan Selatan, Hamparan Hijau yang Segarkan Mata

Kalimantan Selatan dari dulu terkenal dengan pasar apungnya. Namun, kalian juga wajib tahu salah satu provinsi di borneo ini punya banyak wisata alam di dalamnya. Salah satunya banyaknya bukit indah yang populer di kalangan milenial akhir-akhir ini. Mau tahu apa saja bukit indah yang ada di Kalimantan Selatan? Berikut ulasannya. 

Bukit Rimpi 


Bukit Rimpi via instagram/ wahyufhotogram

Bukit Rimpi merupakan sebuah perbukitan yang terletak di kota Pelaihari,  Kabupaten Tanah Laut . Untuk menuju bukit ini memerlukan waktu 30 menit dari Kota Pelaihari dan sekitar 2 jam apabila ditempuh dari Kota Banjarmasin.

Bukit ini menyuguhkan panorama alam serupa padang savana yang hijau dan asri. Banyaknya hewan ternak di sekitar bukit menambah kesan alami bagaikan di pedesaan yang sejuk dan menenangkan. Bukit ini tidak terlalu curam dan tinggi sehingga tak terlalu menguras stamina ketika mendaki. 

Bukit Telang 



Bukit Telang via instagram/ rezahanramadhan

Bukit Telang namanya. Terletak di Desa Martadah, Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah laut. Bukit ini menawarkan pesona hamparan rumput hijau yang tak berujung. Untuk mencapai titik tertinggi dari bukit ini, pengunjung harus  trekking  sekitar 30-60 menit (tergantung dengan kondisi fisik pengunjung) melewati jalur setapak yang cukup menanjak.

Sepanjang jalur pendakian, pemandangan berupa hamparan rumput hijau mengiringi perjalanan wisatawan. Setelah kurang lebih 30 menit lamanya mendaki, pengunjung akan sampai di titik tertinggi bukit ini. Dari atas sini, pengunjung dapat menikmati panorama lanskap 360 derajat yang hijau membentang.  

Bukit Tamiyang 

Bukit Tamiyang via instagram/ hairil_21  

Selanjutnya, ada Bukit Tamiyang yang masih tergolong baru, Teman Traveler. Terletak di desa Kandangan Lama, Kabupaten Tanah Laut, bukit ini mempunyai warna serba hijau yang mampu memanjakan mata.  Untuk menuju bukit ini sudah banyak petunjuk jalan yang memudahkan untuk menuju lokasi. Pemandangan di atas puncak bukit ini akan membayar lunas lelahnya perjalanan yang memakan waktu tidak sebentar.  

Bukit Gelatik 

Bukit Gelatik via instagram/ ftr_yn

Bukit Gelatik populer di kalangan komunitas pendaki gunung maupun mahasiswa pencinta alam. Bukit ini berada di Desa Sungai Riam, Kabupaten Tanah laut, atau sekitar 2 jam dari  Kota Banjarmasin . Umumnya, wisatawan membuka kemah di bukit ini untuk menikmati suasana alam yang masih asri. Lokasinya hanya 15 km dari Kabupaten Tanah Laut, sementara titik pendakiannya dimulai dari Desa Gunung Jati.

Itulah deretan bukit indah yang ada di Kalimantan Selatan. Semuanya memiliki keindahan tiada tara, apalagi kalau bukan dari hamparan rumputnya yang hijau. Melihat hal ini, kita sebagai penikmat alam wajib sekali untuk menjaga keasriannya. Jangan sampai membuang sampah sembarangan dan melakukan aktivitas lain yang dapat merugikan. 

sumber: https://travelingyuk.com/bukit-di-kalimantan-selatan/258784