0
Language
Currency

Berkaca Pada Gempa Lombok dan Sulawesi Tengah, Mari Persiapkan Tas Siaga Bencana

travelingyuk.com

 Indonesia sedang dilanda duka yang mendalam. Setelah sebelumnya gempa Lombok yang memakan banyak korban, datang lagi gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi yang terjadi pada Jumat (28/9/2018) sekitar pukul 17:02. Kekuatan gempa di Sulawesi ini mencapai 7,4 Skala Richter (SR) yang disusul tsunami. Titik gempa Donggala ini terjadi di darat, 27 kilometer Barat Laut Donggala dengan kedalaman 10 kilometer. Ada beberapa hal yang bisa dipersiapkan jika sewaktu-waktu gempa datang, yaitu mempersiapkan tas siaga bencana. Apakah itu?


Indonesia Masuk Kawasan Ring of Fire

 

Indonesia masuk kawasan Fire of Rings, Via Instagram/dicteeonary.id

Seperti yang kita ketahui bersama, sebelum terjadinya gempa Lombok ataupun gempa di Sulawesi, tanah air kita juga sering diguncang gempa. Salah satu penyebabnya lantaran Indonesia masuk ke dalam kawasan Ring of Fire atau Cincin Api, rentetan gunung berapi yang ada di bumi. Dan dikatakan oleh para ilmuan, jika kawasan yang terdapat di dalam kawasan cincin api ini sering mendapatkan gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik. Daerah ini memiliki wilayah sepanjang 40.000 kilometer dan bentuknya menyerupai tapal kuda.


Persiapkan Tas Siaga Bencana

 

Backpack via Shutterstock

Buat Teman Traveler yang tinggal di kawasan rawan gempa dan bencana lainnya, sebagainya perlu untuk mempersiapkan Tas Siaga Bencana (TSB). Seperti pepatah bilang, ‘Sedia payung sebelum hujan’, Teman Traveler tidak akan rugi menyediakan berbagai keperluan darurat dalam satu wadah.


 

Alat penerangan via Shutterstock

Berdasarkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP), Tas Siaga Bencana ini merupakan tas yang dipersiapkan anggota keluarga untuk berjaga-jaga apabila terjadi suatu bencana atau kondisi darurat lainnya. Tujuan dari Tas Siaga Bencana ini sendiri adalah sebagai antisipasi persiapan bertahan hidup saat bantuan belum datang dan memudahkan kita saat proses evakuasi menuju tempat lainnya yang lebih aman.


Benda-benda yang Dibawa di Tas Siaga Bencana

 

Obat-obatan yang perlu dibawa, Via Shutterstock

Tas Siaga Bencana berisi barang-barang kebutuhan dasar yang penting untuk berjaga-jaga. Memang banyak sekali barang penting yang perlu untuk dipersiapkan. Namun perlu dipilah supaya tidak memberatkan nantinya. Berikut ini ragam isi Tas Siaga Bencana yang bisa dimanfaatkan selama tiga hari sampai bantuan dari tim penolong datang.


  1. Surat-surat penting,

  2. pakaian untuk tiga hari,

  3. makanan dan air minum,

  4. kotak P3K,

  5. alat bantu penerangan,

  6. uang,

  7. peluit,

  8. masker,

  9. perlengkapan mandi,

  10. alat komunikasi.


Bukan untuk menakut-nakuti ya Teman Traveler, kita perlu untuk bersiap-siap pada kemungkinan-kemungkinan buruk yang terjadi. Khususnya yang tinggal di daerah yang rawan gempa, jangan lupa untuk siapkan Tas Siaga Bencana. Semoga informasi di atas membantu kalian semua ya.

sumber: https://travelingyuk.com/tas-siaga-bencana/130679?utm_source=idle&utm_medium=dekstop&utm_campaign=reload