0
Language
Currency

Taman Nasional Dengan Burung Endemik, Kenali Satwa yang Hampir Punah!

travelingyuk.com

 Internationale Tourismus Borse (ITB) yang digelar di Berlin pada Rabu (7/3/2018) mengumumkan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) sebagai bagian dari Best Top 100 Destination. Tentu saja hal ini akan menyumbang banyak hal positif untuk pariwisata Indonesia. Sebenarnya ada apa saja sih di dalam TNBB hingga membuatnya diperhitungkan sebagai salah satu tempat wisata terbaik berskala dunia? Simak ulasan di bawah ini.


1. Tempat untuk Bertualang di Alam Bebas

 

Hutan Belantara TNBB Via Instagram/@frauselisa

Bagian barat Bali berbeda dengan sisi timur yang menjadi pusat keramaian. Kamu tidak akan menemukan jalanan pinggir pantai seperti Kuta hingga pusat perbelanjaan megah. Sebagai gantinya, terdapat alam bebas yang liar tapi tetap mendebarkan. Jalanannya cocok banget untuk kamu yang memiliki jiwa penjelajah. Menembus belantara hingga menikmati kedalaman lautan.


 

Alam Liar TNBB Via Instagram/@pikkecha

2. Habitat Flora dan Fauna Eksotis

 

Fauna di TNBB, via Instagram/@hendypaniculata

Kita tak hidup sendiri di alam ini, terdapat berbagai binatang dan tumbuhan eksotis yang indah. Akan seru sekali bila kamu bisa melihatnya langsung dan tempat yang bisa kamu kunjungi tentu saja adalah Taman Nasional Bali Barat. Destinasi ini merupakan habitat jalak bali, burung cantik yang menghuni Pulau Dewata. Di areanya yang seluas 19.002,89 hektar tersebut terdapat 176 jenis flora.


 

Burung di TNBB Via Instagram/@a_pavel_a

3. Menikmati Pulau Menjangan yang Nyaman

 

Snorkeling di Taman Nasional Bali Barat Via Instagram/@jennifernoviana

Pulau Menjangan termasuk dalam kawasan TNBB. Tempat ini adalah kolaborasi yang serasi antara ekosistem darat dan laut. Kamu bisa menjelajahi hutan mangrove hingga padang rumput. Coba juga melihat langsung kehidupan bawah laut dengan terumbu karang dan berbagai macam ikan. Bahkan santai sejenak di pinggir pantainya yang berpasir putih sudah bisa memanjakan mata.



Diving di Taman Nasional Bali Barat, via Instagram/@sibocahdesa

4. Aktivitas Seru di TNBB

 

Kehidupan di TNBB Via Instagram/@seyb_w

Pulau Menjanganbukan satu-satunya daya tarik TNBB, kamu bisa mengunjungi spot lainnya yang keren. Di antaranya adalah Pura Teluk Terima hingga Teluk Brumbun. Di sini, kamu bisa memilih banyak sekali aktivitas seru. Seperrti snorkeling dan diving. Lalu ada juga trekking dan melihat flora endemik khas TNBB. Jangan khawatir soal fasilitas, meski berstatus sebagai taman nasional, tapi wisata ini menyediakan akomodasi, transportasi, hingga pemandu.


Tempat keren di TNBB Via Instagram/@coklat_hangatt

Dengan segala daya tariknya itu, tidak heran jika Taman Nasional Bali Barat mendapat predikat sebagai salah satu dari 100 destinasi wisata terbaik di Asia-Pasifik. Bukan hanya alamnya yang memikat, tapi flora dan fauna di sini sudah seperti keajaiban dunia tersendiri. Indonesia harus bangga.

sumber: https://travelingyuk.com/taman-nasional-bali-barat/85402