0
Language
Currency

Ada Pulau di Sidoarjo, Spot Mancing yang Sempet Trending

travelingyuk.com

 

TANDA MENUJU PULAU DEM (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Pulau Dem adalah salah satu tempat di Sidoarjo Jawa Timur. Tepatnya di daerah Jabon Sidoarjo. Di sini banyak terdapat tambak budidaya bandeng,  udang windu  dan rumput laut dengan sistem tumpang sari, karena tempat ini tidak begitu jauh dari laut. Tambak tambak bandeng dan rumput laut serta udang di Pulau ini, menjadi spot mancing pilihan bagi para penghobi mancing dari Sidoarjo bahkan dari daerah daerah lain di luar Sidoarjo. Di Pulau Dem banyak terdapat tambak bandeng, rumput laut dan udang.



JALAN MENUJU TAMBAK WARGA DI PULAU DEM (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Di sini banyak terdapat ikan ikan lain yang menjadi hama dan sering memangsa ikan bandeng ukuran kecil dan udang yang dibudidayakan. Ikan Hama tersebut antara lain ikan barramundi atau lebih di kenal dengan nama cukil, ikan kakap putih, ikan plaosan, ikan payus (lady fish) dan ikan kerong kerong(erong erong). Keberadaan pemancing sendiri bagi pemilik tambak cukup membantu, karena target yang di pancing adalah jenis ikan yang merupakan hama bagi ikan bandeng dan udang windu yang dibudidayakan di tambak. Hampir setiap hari tidak pernah sepi dari para pemancing yang mendatangi Pulau Dem ini,



Pulau Dem (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Rute untuk menuju ke Pulau Dem, anda bisa langsung menuju Wisata Bahari Tlocor. Dengan menempuh perjalanan sekitar 15 kilometer ke arah timur setelah melewati jembatan Porong. Sebelum sampai wisata Bahari Tlocor, disisi kiri ada papan petunjuk bertuliskan “Pulau Dem”. Setelah tiba di tempat penambangan, khusus untuk roda 4 ada tempat penitipan kendaraan. Dan untuk roda 2 bisa di angkut menggunakan perahu. Per Orang cukup membayar biaya menyebrang Rp 5.000 plus sepeda motor. Untuk warung, hanya ada 3, yaitu Saat akan menyebrang Pulau, Sesudah menyeberang Pulau dan Juga ditengah tengah perjalanan menuju tambak tambak. Pastikan membawa bekal makanan dan minuman yang cukup.  



Pulau Dem (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Pemandangan di Pulau Dem juga tidak kalah indahnya. selain memancing, Pulau Dem juga cocok untuk dijadikan tempat wisata. Karena suasana seperti di Pantai. Saat matahari terbit dan matahari tenggelam juga pemandangan yang di sungguhkan begitu cantik dan indah. Jika  ingin memancing di sini gratis tidak dipungut biaya, asalkan tetap meminta izin kepada pemilik atau penunggu tambak. Selamat memancing !    

sumber:https://travelingyuk.com/pulau-dem-sidoarjo/280075/