Pemanfaatan Teknologi Informasi Digital Untuk Pengembangan Wisata Alam Berkelanjutan di Kawasan Perhutanan Sosial

Pendahuluan

Wisata alam alam merupakan destinasi andalan Indonesia. Keindahan alam oleh beberapa daerah dijadikan sebagai modal dalam mengembangkan pariwisata demi meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar sekaligus menambah pendapatan asli daerah. Kopisetara adalah koperasi primer nasional yang anggotanya adalah usaha pelaku di bidang wisata alam yang bertujuan menjadi penggerak utama wisata alam yang berkelanjutan.

Kemiskinan sekitar kawasan hutan, pengangguran, pertanian dan perkebunan di dalam kawasan tanpa izin, penebangan kayu, penambangan tanpan izin dan menurunnya kualitas lingkungan hidup dan makin meluasnya lahan kritis, itulah sederetan masalah yang dihadapi Kementrian Lingkungan Hidup dan Konservasi. Guna menjawab permasalahan tersebut, pemerintah telah memasukan implementasi program prioritas dengan mengalokasikan sedikitnya 12,7 juta hektar kawasan hutan untuk pengembangan program nasional Perhutanan Sosial melalui skema Hutan Desa, Hutan kemasyarakatan, Hutan Tanaman Rakyat Hutan Adat dan Kemitraan Kehutanan.

Perhutanan Sosial sendiri adalah sistem pengelolaan hutan lestari yang dilaksanakan dalam kawasan hutan negara atau hutan hak/hutan adat yang dilaksanakan masyarakat setempat untuk meningkatkan kesejahteraannya, keseimbangan lingkungan dan dinamika sosial budaya.

Wisata alam berkelanjutan adalah kegiatan yang mengundang semua pihak terutama anggota masyarakat untuk mengelola sumber daya dengan memastikan keberlanjutan budaya lokal, habitat dan keanekaragaman hayati untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dan sosial masyarakat saat ini maupun pada masa yang akan datang.

Perkembangan pariwisata alam di Indonesia khususnya di kawasan perhutanan sosial, tidak terlepas dari peran UKM, termasuk UKM di bidang wisata alam yang semakin bertumbuh sejak 30 tahun belakangan ini. Sebut saja usaha pendakian gunung, berkemah, paralayang, selam dan arung jeram. Belum lagi usaha penginapan penduduk di daerah-daerah terpencil.

Kopisetara mempunyai visi menjadi penggerak utama wisata alam di Indonesia, berkeyakinan bahwa  wisata alam berkelanjutan dapat diimplementasikan melalui jalur digital untuk memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat. Bekerjasama dengan GOMODO sebagai penyedia jasa sistem pemesanan & pembayaran online, Gomodo sendiri mempunya visi untuk membantu UKM di Indonesia untuk Go Digital. Kopisetara akan terus mempromosikan pariwisata alam yang berkelanjutan kepada UKM pariwisata dan masyarakat Indonesia.

 

Tujuan

1.       Menciptakan inovasi dalam mengembangkan wisata alam berkelanjutan di kawasan perhutanan sosial

2.       Berbagi pengalaman strategi dalam menyiapkan UKM wisata berbasis teknologi digital pasca pandemi 

 

Sasaran

1.       Para pelaku UMKM wisata alam di Indonesia; operator kegiatan, penginapan, destinasi wisata alam

2.       Para peminat/ calon wirausahawan di bidang wisata alam

3.       Masyarakat umum

4.       Komunitas, akademisi pada kampus atau sekolah pariwisata.

 

 

Hasil yang diharapkan

1. Sebagai wadah diseminasi informasi penting bagi UMKM wisata alam

2. Terbangunnya semangat inovasi dan harapan baru usaha wisata alam pasca pandemi

3. Terciptanya wisata alam yang berkelanjut

 

 

Narasumber

1.       Ir. Victoria Br. Simanungkalit , MM – Deputi Produksi dan Pemasaran Kementrian Koperasi dan UKM.

2.       Dr. Ir. Bambang Supriyanto, M.Sc. – Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Kementrian Lingkungan Hidup dan Konservasi.

3.       Ir. Rizki Handayani Mustafa, MBTM – Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan (Events) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

4.       Donny Riantori – Co-Founder & Chief Technology Officer GOMODO.

5.       Ir. Yudi Rizka, MM – Kepala Bidang Pengembangan Bisnis KOPISETARA

6.       Slamet Susanto – Perintis dan Pelaku Usaha Alam Petung Kriyono Pekalongan Jawa Tengah.

 

Pelaksanaan

Kopisetara bekerjasama dengan GOMODO. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal      : Kamis, 16 Juli 2020

Waktu                : 14.00 – 16.00

Biaya                 : gratis