0
Language
Currency

Pelatihan Webinar KOPISETARA “Pentingnya Unsur Keamanan dan Keselamatan Dalam Usaha Wisata Alam Berkelanjutan” (21 Mei 2020)

Keamanan & Keselamatan Dalam Wisata Alam Tirta

Pendahuluan

Indonesia sebagai negara yang memiliki aneka ragam potensi alam dan budaya, mempunyai potensi destinasi wisata alam yang menarik mulai dari wisata alam nusa (berbasis aktivitas di daratan), wisata alam tirta (berbasis aktivitas di perairan), dan wisata alam dirga (berbasis aktivitas di udara).

Kegiatan olahraga dan Wisata petualangan di Indonesia sangat berkembang pesat, khususnya kegiatan Wisata petualangan tirta (berbasis aktivitas di perairan) yang didukung dengan bertumbuhnya pengelola jasa wisata serta destinasi wisata tersebut. Perkembangan ini belum serta merta berjalan beriringan dengan kesadaran baik itu dari pihak pengelola jasa wisata atau dari konsumen tentang pentingnya unsur keamanan dan keselamatan.

Koperasi Jasa Sentra Wisata Alam Nusantara atau yang disingkat KOPISETARA melihat perlu adanya pelatihan dan sosialiasi tentang unsur keamanan dan keselamatan adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar dan menjadi keharusan dalam perencanaan usaha wisata alam yang berkelanjutan kepada pelaku usaha khususnya UMKM bidang pariwisata khususnya wisata tirta.


Tujuan

1. Edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya unsur kemananan dan keselamatan untuk wisata alam berkelanjutan

2. Mewujudkan kegiatan wisata alam yang aman, selamat dan nyaman


Peserta

1. Para pelaku UMKM wisata alam di Indonesia; operator kegiatan, penginapan, destinasi wisata alam 

2. Anggota asosiasi 

3. Wirausahawan di bidang wisata alam


Hasil yang diharapkan

1. Tersosialisasinya pentingnya faktor keamanan dan keselamatan kepada setiap pelaku usaha wisata alam khususnya wisata alam tirta

2. Diterapkannya acuan keamanan & keselamatan dalam perencanaan usaha wisata alam yang berkelanjutan


Narasumber

Lody Korua: Pelopor kegiatan Arung Jeram Indonesia & Founder Maseng River Camp

Agus Wiyono: Founder Songa Adventure & Ketua Forum Ekowisata Jawa Timur


Pelaksanaan

Pelatihan Webinar “Prosedur keamanan & Keselamatan Dalam Wisata Alam Tirta”

Tanggal : Kamis, 21 Mei 2020

Waktu : 14:00 – 16.00 WIB

Aplikasi : Zoom

Pendaftaran            : klik di sini


Penutup

Kopisetara sebagai penggerak utama wisata alam di Indonesia akan terus berusaha membangun iklim usaha wisata alam berkelanjutan, salah satunya dengan membangkitkan kapasitas wirausahawan di bidang wisata alam melalui jalur pendidikan dan pelatihan. Lokakarya ini merupakan salah satu langkah awal dalam menciptakan pelaku industri wisata alam yang berdaya saing dan berkualitas.


 

Odoo CMS - a big picture