0
Language
Currency

Yuk Kulineran Gorontalo, Cita Rasa Khas Bumi Maleo

travelingyuk.com

 Gorontalo selain menjadi nama sebuah kota juga menjadi identitas sebuah Provinsi di Pulau Sulawesi. Sebelumnya, Gorontalo adalah bagian dari Selawesi Utara, namun karena ada pemekaran wilayah, keluar menjadi provinsi tersendiri. Kamu akan menikmati banyak hal jika bertandang ke sana.


Pantai yang bejibun banyaknya, peninggalan sejarah sangat bernilai, hingga wisata kuliner yang bisa menggoyang lidahmu. Berikut ini adalah beberapa masakan khas Gorontalo yang wajib kamu coba. Penasaran kan? Simak informasinya di bawah ini.


1. Binte Biluhuta

foto oleh winslicious

Binte Biluhuta adalah sebutan untuk makanan khas Gorontalo. Bentuknya seperti sup jagung dan rasanya mantap sekali. Ada kuah yang mantap dengan taburan jagung yang menambah kekayaan cita rasanya. Selain jagung, ada juga isian lain berupa ikan dan udang. Binte cenderung memiliki tiga rasa yang khas yaitu manis, asin dan pedas. Binte Biluhuta dalam Bahasa Indonesia berarti Jagung yang disiram. Jagung yang dimasak dianggap baik untuk mengatasi kolesterol jahat. Selain itu kandungan lain berupa karotenoid, bioflavonoid, dan vitamin C bisa melancarkan peredaran darah dan membuat tubuh jadi lebih sehat.


2. Ayam Iloni

foto oleh dianandariskia

Ayam memang menjadi salah satu menu mewah di Nusantara. Setiap daerah memiliki cara memasak yang berbeda dan tentunya menyuguhkan cita rasa yang berbeda pula. Di Gorontalo juga begitu, ada olahan ayam yang disebut Ayam Iloni. Sebutan tersebut diberikan untuk menu ayam bakar dengan bumbu khusus. Bumbu yang telah disiapkan berupa bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, cabai, garam, hingga daun pandan ditambahkan pada ayam, baru setelah itu dilakukan pemanggangan. Dengan cara itu, bumbu akan meresap dan kelezatan akan terasa sampai ke dalam daging.


3. Ilabulo

foto oleh kibor

Ilabulo adalah salah satu lauk khas yang dimakan dengan nasi atau tambahan menu lain. Rasanya begitu khas karena dibuat dengan bumbu-bumbu khusus dan cara memasak yang unik. Kebanyakan Ilabulo dibuat dengan rasa pedas. Bahan yang digunakan adalah sagu dengan tambahan ati ampela. Santan yang digunakan sebagai salah satu bumbu membuat Ilabulo jadi terasa gurih. Sagu dan ati ampela adalah bahan wajib yang harus ada dalam Ilabulo, salah satu saja tidak ada, maka rasa khas Gorontalo juga akan hilang.


4. Oeiloni

 

Oeiloni [image source]

Oiloni adalah makanan berupa ikan bakar yang dimasak dengan bumbu merah kaya akan rasa. Biasanya ikan yang digunakan sebagai Oeiloni adalah jenis ikan kwe. Saat ini banyak sekali penjual masakan di Gorontalo yang khusus menyediakan menu andalan berupa Oeiloni. Ke Gorontalo tapi nggak sempat untuk mencicipinya akan sangat disayangkan sekali. Oeiloni sendiri dibuat dengan bumbu yang terdiri dari Jahe, bawang merah, bawang putih, cabai dan jeruk nipis.

Itulah beberapa makanan khas Gorontalo dengan cita rasa yang enak. Manakah yang paling kamu favoritkan dan nggak sabar ingin mencicipinya?


sumber: https://travelingyuk.com/kuliner-gorontalo-khas/22356